Seperti yang kita ketahui bahwa perbankan digunakan untuk menabung dengan bantuan pihak Bank. Namun tidak semua bank bekerja menggunakan sistem yang sama loh. Terdapat beberapa jenis bank yang memiliki sistem masing-masing sesuai dengan kegunaannya. Kalian jika ingin membuka sebuah tabungan jangan sampai salah pilih jenis perbankan. Karena terdapat banyak sekali perbedaan mulai dari biaya administrasi, sistem operasional, hingga fungsi serta tujuan dari jenis perbankan tersebut. Nah kali ini agar kalian tidak salah membuka tabungan, ada baiknya kalian perhatikan beberapa jenis serta kegunaan dari perbankan yang ada di Indonesia.

Jenis Perbankan Yang Ada Di Indonesia

Kalian perlu banget loh perhatikan hal seperti mengetahui jenis perbankan di Indonesia. Jadi kamu bisa menyesuaikan dana yang anda miliki dengan sistem yang berlaku pada perbankan tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis perbankan yang berlaku di Indonesia:

Bank Sentral

Bank Sentral adalah bank yang bertanggungjawab atas kebijakan moneter dalam negeri. Selain itu, bank sentral terhitung bermanfaat melindungi stabilitas nilai mata uang, sektor perbankan, dan sistem finansial dalam negeri. Di Indonesia, peran bank sentral dilakukan oleh Bank Indonesia. Maka dari itu, Bank Indonesia perlu mengawasi perbankan di Indonesia.

Bank Konvensional

Bank konvensional adalah type bank yang memberikan jasa lantas lintas keuangan secara umum berdasarkan ketetapan perbankan. Bank konvensional beroperasi dengan menyerap serta menyalurkan dana masyarakat. Tentang pengoperasian, produk yang dikeluarkan bank konvensional mengambil keputusan suku bunga yang didasarkan pada suku bunga Bank Indonesia. Bank Konvesional juga membuka fitur perbankan digital yang mampu membantu banyak orang saat sedang sulit menjangkau salah satu Lembaga Perbankan.

Bank Syariah

Mengingat bahwa di Indonesia sendiri memiliki masyarakat dengan mayoritas beragama Islam, bank syariah adalah model bank yang menerapkan komitmen syariah. Peraturan mengenai bank syariah diatur didalam Undang-undang Nomor 21 tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah.

Sesuai syariah Islam, bank syariah tidak boleh beroperasi bersama dengan memakai komitmen gharar, maysir, riba, zalim, dan objek haram seperti bermain perjudian di www sbobet. Bank Syariah termasuk memiliki kegunaan untu menerima dana zakat, infak, sedekah, hibah, dan dana sosial lainnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *