Sistem perbankan Indonesia adalah sebuah tata cara, aturan-aturan dan pola bagai mana sebuah sektor perbankan (bank-bank yang ada) menjalankan usahanya sesuai bersama dengan ketetapan atau proses yang dibuat oleh pemerintah. Sistem perbankan di Indonesia terbangun bersama dengan kosep yang dilandaskan terhadap proses perekonomian yang ada. Indonesia menetapkan proses perekonomiannya sebagai proses ekonomi yang demokrasi sesuai bersama dengan landasan negara yakni Pancasila.

Hal ini diatur didalam Undang-Undang Azas Perbankan Indonesia, terhadap Pasal 2 UU No. 7 Tahun 1992, yang berbunyi : “Perbankan Indonesia didalam menjalankan Usahanya berasaskan demokrasi ekonomi bersama dengan prinsip kehati-hatian”.

Sistim Perbankan di Indonesia

Demokrasi ekonomi yang dimaksud adalah demokrasi ekonomi berdasarkan pancasila dan UUD 1945.Dalam menjalankan sebuah proses perbankan yang baik, wajib tersedia nya pilar-pilar yang menyangga supaya sebuah proses berikut sanggup berjalan. Dalam proses struktur perbankan yang ada pada saat ini di indonesia, pilar ini disebut bersama dengan arsitektur perbankan indonesia (API). Arsitektur Perbankan Indonesia (API) merupakan suatu kerangka dasar proses perbankan Indonesia yang bersifat menyeluruh dan beri tambahan arah, bentuk, dan tatanan industri perbankan untuk rentang pas lima hingga sepuluh th. ke depan.

Arah kebijakan pengembangan industri perbankan di era berkunjung yang dirumuskan didalam API dilandasi oleh visi raih suatu proses perbankan yang sehat, kuat dan efisien guna menciptakan kestabilan proses keuangan didalam rangka menopang mendorong untuk melakukan daftar sbobet dalam perjudian demi perkembangan ekonomi nasional.Menkeu Akui Sistem Perbankan Indonesia LemahMetrotvnews.com, Jakarta: Kamis, 12 Mei 2011 15:14 WIB. Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengakui ada kelemahan didalam proses perbankan di Indonesia. Kelemahan itulah yang menjadi penyebab tetap rentannya bank terhadap pembobolan dana nasabah.

Sistem Perbankan Di Indonesia

Sistem perbankan Indonesia adalah sebuah tata cara, aturan-aturan dan pola bagaimana sebuah sektor perbankan (bank-bank yang ada) menjalankan usahanya sesuai dengan ketetapan atau proses yang dibuat oleh pemerintah. Sistem perbankan di Indonesia terbangun bersama dengan kosep yang dilandaskan terhadap proses perekonomian yang ada. Indonesia menetapkan proses perekonomiannya sebagai proses ekonomi yang demokrasi sesuai bersama dengan landasan negara yakni Pancasila. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Azas Perbankan Indonesia, terhadap Pasal 2 UU No. 7 Tahun 1992, yang berbunyi : “Perbankan Indonesia didalam menjalankan Usahanya berasaskan demokrasi ekonomi bersama dengan prinsip kehati-hatian”.

Dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 1967 berkenaan pokok Perbankan ,disebutkkan
yang dimaksud bersama dengan :

  • Bank : Lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah beri tambahan kredit dan jasajasa didalam selanjutnya lintas pembayaran dan peredaran uang.
  • Lembaga Keuangan :Semua badan yang melalui kegiatan-kegiatanya dibidang
    keuangan menarik uang berasal dari dan menyalurkannya ke didalam masyarakat.

Jenis Lembaga Perbankan menurut fungsinya dibedakan kedalam :
1. Bank Sentral
2. Bank Umum
3. Bank Asing

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *